SELAMAT DATANG DI BLOGNYA MAZ BUDI

Selamat datang.... semoga bermanfaat untuk semua...amiiin....

DESAKU SUDAH ODF

DESAKU SUDAH ODF
Desa Karangtengan Kec. Karanggayam

Rabu, 25 Juli 2012

PEMASARAN SANITASI



Permasalahan sanitasi dewasa ini semakin kompleks. Mulai dari limbah cair yang langsung dibuang ke badan air (sungai, irigasi, waduk, bendungan, dll), sampah yang menumpuk dan dibuang sembarangan, masih banyaknya masyarakat yang BABS (buang air besar sembarangan) dan masih banyak lagi permasalahan lainnya. Permasalahan permasalahan ini sebenarnya merupakan peluang emas bagi sanitarian untuk berwirausaha di bidang sanitasi.

Khusus untuk permasalahan masih banyaknya masyarakat yang buang air besar sembarang tempat, merupakan peluang emas bagi kita untuk menawarkan kepada masyarakat jamban yang sehat tapi hemat, ada lagi jasa pengurasan WC, yang pada intinnya bagaimana kita menyulap tai menjadi "emas".

Berdasarkan pengalaman, kalo kita tanya kepada masyarakat khususnya di wilayah kerja kami, mereka mengatakan untuk membuat jamban sehat setidaknya membutuhkan dana 1,5- 2 juta rupiah. Hal ini sebenarnya merupakan peluang bagi kita untuk berinovasi menciptakan model jamban yang sederhana, sehat dan masyarakat punya kemampuan untuk membangunnya.(murah).
Dan perlu kita ketahui bersama sepertinya untuk di wilayah kabupaten Kebumen Belum ada
satupun usaha jamban. (jualan jamban, gitu...hehe). kalo sedot WC banyak....

Kegiatan - kegiatan penyuluhan, pemicuan dan apapun itu bentuknya....yang pada intinya kegiatan yang mengajak masyarakat untuk hidup sehat agar tidak bab sembarangan, sebenarnya sudah sangat sering dilakukan. Sebagian besar memang terpicu untuk merubah perilakunya, terbukti di wilayah kami ada satu desa dan 1 Dukuh ODF. Namun disisi lain, masih banyak masyarakat yang sudah terpicu untuk tidak "ngising" sembarangan namun belum mau untuk membuat WC yang paling sederhana yaitu cemplung dengan berbagai alasan. Mereka akan membuat WC yang bagus, nanti kalo sudah punya uang.......ya mau kapan ?????????sementara kebutuhan hidup, biaya hidup juga semakin banyak. Oleh karena itu saya yakin kalo masyarakat kita tawarkan jamban closet yang sederhana dan murah pasti pasti dan pasti banyak peminatnya.

Ini yang namanya bisnis sanitasi, pemasaran sanitasi , jualan WC, seperti pelatihan yang pernah penulis ikuti di Jombang jawa Timur. Disana ternyata bisnis sanitasi sudah berjalan cukup baik, dan awal kesuksesan bagi para sanitarian disana yang sudah bergabung dalam APSANI.
Penulis terinspirasi dari Pelatihan ini, dan akan kita coba terapkan di kebumen. Alhamdulillah sampai dengan detik ini sudah ada satu desa yang sudah menjalankan sistem arisan dan menjalin kerjasama dengan kami. Kemudian ada tambanhan lagi ada sekitar 5 unit pesanan yang rencananya akan kita buat pasca lebaran.
Dibawah juga kami lampirkan dokumentasi kegiatan pelatihan yang menginspirasi kami.
Mudah - mudahan tulisan ini merupakan motivasi bagi kita semua untuk menumbuhkan wirausahawan2 sanitasi yang baru....yang mampu mengubah tai menjadi emas.......dan saya yakin kita pasti bisa.......karena ini semua adalah kegiatan untuk kemaslahatan umat dalam rangka menuju kebumen yang lebih maju dan sehat...........amiiiiin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mengenai Saya

Foto Saya
Gombong, Kebumen/Jateng, Indonesia
Kuhanya setitik debu di dunia ini yg ingin bermanfaat bagi orang lain.